Pengertian dan ragam berita

PENGERTIAN DAN RAGAM BERITA

PENGERTIAN BERITA

1. Apakah Berita Itu?

Ø Tidak ada definisi baku tentang berita

Ø Secara sederhana, berita adalah fakta atau peristiwa yang diinformasikan melalui media massa

Ø Contoh berita dalam arti luas : segala hal yang ada di media massa termasuk iklan (informasi) di dalamnya

Ø Contoh berita dalam arti sempit : yang umumnya dipahami orang seperti berita-berita utama di surat kabar harian, berita yang disampaikan dalam program acara di televisi maupun radio

2. Berita ; Untuk Apa?

· Memenuhi kebutuhan pembaca / pendengar / pemirsa

· Memenuhi tujuan politik keredaksian suatu media massa (ex : oplah jual)



1. Apa Yang Diinginkan Masyarakat?

ü Berita yang melaporkan adanya bahaya yang mengancam kehidupan, bahaya fisik (ex : tindak kekerasan, bencana alam, penyakit, dsb)

ü Berita yang mengungkapkan ancaman atau tekanan terhadap kebebasan seseorang (ex : penahanan tidak melalui saluran hukum, penggusuran, ketidakadilan ekonomi, dsb)

ü Berita yang menambah pengetahuan pembaca untuk memperbaiki kedudukan ekonomi dan sosial (ex : berita tentang pengembangan perdagangan, situasi lapangan pekerjaan, dsb)

ü Berita yang mengungkapkan perkembangan atau penghambat dalam peningkatan “kehidupan” masyarakat (ex : kemerosotan kehidupan kota, dunia hiburan, mode, kemajuan dalam bidang kesehatan, dsb)

2. Berita Yang Layak Seperti Apa?

* Significance (penting), yaitu kejadian yang berkemungkinan mempengaruhi kehidupan orang banyak, atau kejadian yang mempunyai akibat terhadap kehidupan pembaca

* Timeliness (waktu), yaitu kejadian yang menyangkut hal-hal yang baru terjadi, atau baru dikemukakan

* Magnitude (besar), yaitu kejadian yang menyangkut angka-angka yang berarti bagi kehidupan orang banyak, atau kejadian yang berakibat - yang bisa - dijumlahkan dalam angka yang menarik buat pembaca

* Proximity (kedekatan), yaitu kejadian yang dekat bagi pembaca, baik kedekatan dari sisi geografis maupun emosional

* Prominence (ketenaran), yang menyangkut hal-hal yang terkenal atau sangat dikenal oleh pembaca, seperti orang, benda, atau tempat

* Human Interest (manusiawi), yaitu kejadian yang memberi sentuhan perasaan bagi pembaca, kejadian yang menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa, atau orang besar dalam situasi biasa

Penting

Significance

Timeliness

Magnitude

Proximity

Prominence

Human Interest

Menarik

RAGAM BERITA

Ø Stright News/ Hard News (Berita Langsung/ Berita Lugas)

- Karakteristik : Singkat/Pendek (+ 2-6 alinea), padat, langsung pada inti persoalan, aktual (baru) dan hanya menyajikan fakta-fakta kering/objektif (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana/ 5W + 1H)

- Contoh : Berita Bom Bali (12 Oktober 2002) menjadi berita utama di halaman depan harian Republika edisi 13 Oktober 2002.

Ø Soft News

- Karakteristik : bisa singkat, bisa panjang bergantung kebutuhan, tidak harus aktual, berupa berita-berita ringan

- Contoh : berita tentang pemutaran perdana Film, info selebriti, info pariwisata, info kesenian, info teknologi, dsb

Ø Feature

- Karakteristik : memiliki unsur sastra tapi tetap aktual (bukan fiksi), menyentuh aspek kehidupan manusiawi (human interest), kreatif, imajinatif, menghibur

- Contoh : profil Bung Karno, riwayat masjid istiqlal, pengalaman orang biasa dalam pengalaman hidup yang luar biasa (seorang pemulung yang berhasil menyekolahkan anaknya hingga sarjana), kehidupan di perkampungan kumuh, dll

Ø In Dept News (Berita Mendalam)

Adalah berita yang mendalam, yang dikembangkan oleh wartawan (penulis)-nya dengan pendalaman-pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan

Ø Investigation Report

Adalah berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan wartawan atau penulisnya

Ø Interpretative Report

Adalah berita yang dikembangkan dengan opini/pendapat wartawan atau penulisnya

Ø Opinion Report

Adalah berita mengenai pendapat seseorang. Biasanya pendapat para cendekiawan, sarjana ahli, pejabat dll, mengenai suatu hal, peristiwa, keadaan politik, dsb.

Secara singkat, ragam berita juga bisa digolongkan hanya dalam 3 jenis : Stright News, Feature dan Investigation Report. Feature sebenarnya merupakan bagian dari Soft News. In dept News seringkali digabungkan atau disamaartikan dengan Investigation Report, karena dalam memperoleh bahan untuk menulis berita yang mendalam, seringkali wartawan dituntut pula untuk melakukan penyelidikan yang berisiko seperti halnya dalam Investigation Report.


Sementara untuk Interpretative Report seringkali dianggap sebagai artikel yang dibuat oleh “orang dalam” , seperti Tajuk Rencana, Editorial, dll. Karena unsur subjektivitas dan opininya tinggi, Interpretative Report dianggap bukan berita.

Opinion News adalah ragam berita dari sisi jenis data, karena bentuknya bisa berupa Stright News, Soft News, maupun Feature.





























Catatan :

- Jurnalistik : Kegiatan merencanakan, mencari fakta/data, mengolah fakta/ data menjadi berita dan menyebarluaskannya ke masyarakat melalui media massa

- Jurnalis : Orang yang melakukan kegiatan jurnalistik

- Wartawan : Orang yang bekerja mencari berita

- Reporter : Orang yang bertugas melaporkan fakta/data dan peristiwa kepada masyarakat melalui media massa

Dalam perkembangannya, jurnalis, wartawan dan reporter dianggap sama. Istilah reporter lebih digunakan pada media elektronik (TV/ Radio).



JENIS-JENIS MEDIA



















Perbedaan

MEDIA CETAK, ELEKTRONIK DAN ON LINE

Media Cetak

Media Elektronik

Media On Line

Paparan lebih lengkap dan mendalam karena luasnya Space

Singkat dan kurang lengkap karena terbatasnya waktu

Paparan tidak selengkap MC tapi lebih lengkap daripada ME

Berita hari ini adalah kejadian kemarin atau tadi malam

Berita hari ini adalah peristiwa hari ini (bahkan hanya hitungan detik)

Berita hari ini adalah peristiwa hari ini

Cukup menggunakan indra penglihatan

Memerlukan indra pendengaran (TV & Radio) dan Penglihatan (TV)

Memerlukan indra Penglihatan

Media berupa kertas cetak

Barang elektronik (TV, Radio)

Menggunakan Internet

Segmentasi dewasa

Segala usia

Dewasa, intelektual menengah ke atas

Perbedaan

SURAT KABAR, TABLOID, MAJALAH DAN BULETTIN

Perbedaan

Surat Kabar

Tabloid

Majalah

Buletin

Waktu Terbit

Setiap hari relative umum

Setiap minggu/ bergantung kebijakan perusahaan Relatif terbatas/ Tertentu

Bentuk dan Ukuran

Lembaran kertas buram dengan luas + 42 x 58 cm perhalaman

Lembaran kertas dengan kualitas yang relative lebih bagus daripada surat kabar dengan luas 29 x 42 cm/ hal

Berbentuk hampir seperti buku dengan ukuran bervariasi (ex : Tempo, Sabili, Intisari)

Bisa berbentuk seperti majalah tapi lebih tipis, atau hanya semacam lembaran setengah folio

Sifat Sajian

Formal, Kaku

Variatif & Kreatif, bergantung Segmentasi

Variasi Warna

Minim Warna

Lebih banyak warna

Relatif banyak warna bahkan kadang Full Colour

Minim warna tapi bergantung karakteristik Bulettin

Harga

Relatif Murah

Harga sedang, cenderung mahal

Relatif mahal

Relatif murah

Prioritas Berita

Stright News (aktualitas dan sisi pentingnya diutamakan)

Feature dan Soft News (Sisi kemenarikan/hiburan diprioritaskan)

Feature, Investigation Report dan Soft News (bergantung Segmentasi)

Soft News

Prioritas Substansi Berita

Umum

Khusus, Bergantung segmentasi



PENGENALAN


Menulis Feature :

Ø Feature atau berita kisah adalah berita yang ditulis bergaya sastra atau fiksi. Dimaksudkan untuk menghibur, menyentuh perasaan pembaca (Human Interest).

Ø Contoh Feature : profil tokoh, kehidupan masyarakat di pinggir sungai Ciliwung, kehidupan pengungsi Madura, mengupas sejarah masjid agung solo, dll.

Ø Piramida yang digunakan dalam tulisan feature lebih landai (Soft), bisa menaik bisa juga menurun, yang penting diawali dari yang menarik dan menggelitik pembaca untuk terus membaca feature itu lebih lanjut, misal berbentuk komentar narasumber yang menjadi korban di Aceh.




Perangkai




Body



Penutup









Menulis Deep Report :

  • Laporan mendalam merupakan pengembangan dari Hard News dengan lebih mendalam. Jika fakta laporan itu diperoleh dengan cara Investigasi atau mengungkapkan sesuatu yang tidak muncul dipermukaan, maka disebut laporan Investigasi (Investigative Report). Jika ditulis dengan pengembangan/ mengeksplor pendapat sie wartawan (penulis) disebut Interpretative News. Jika laporan ditulis seperti analisis atau komentar dan data-data yang diperoleh oleh seorang pakar atau pengamat, disebut Opinion News.
  • Deep Reporting merupakan jenis tulisan berita yang levelnya paling tinggi (istimewa). Biasanya ditulis sangat baik oleh orang yang telah mumpuni di dunia jurnalistik. Namun bagi para pemula yang ingin mencoba (misal untuk majalah sekolah) bisa saja dilakukan.
  • Kekuatan Deep Reporting ada pada data / fakta dan referensi serta hasil riset yang lengkap dan tajam. Untuk itu, seorang wartawan sangat dituntut memiliki pengetahuan / wawasan yang luas dan bukan orang yang malas melakukan riset. Lengkap tidaknya referensi yang dimiliki wartawan, terlihat dari tulisan akhirnya.


Menulis Non Fiksi :

ü Tulisan Non Fiksi di media massa bukanlah berita, tetapi tulisan ilmiah yang mengandung opini penulisnya baik tersurat maupun tersirat.

ü Non Fiksi bisa ditulis oleh pihak media (wartawan, redaktur, pemred, dll) bisa juga ditulis oleh pihak di luar media (pembaca, penulis tamu, kolomnis, dll)

ü Tulisan Non Fiksi pada umumnya dimaksudkan untuk mengkritik suatu fenomena tersebut.


Menulis Fiksi :

* Tulisan Fiksi pada intinya adalah tulisan/ karya sastra yang bersumber dari diri penulisnya. Tulisan ini bisa bersumber dari khayalan murni sie penulis, bersumber dari kisah nyata.

* Tulisan Fiksi pada dasarnya bertujuan untuk menghibur. Namun dalam perkembangannya, tulisan fiksi ini bisa menjadi alternative kritik sosial atau mengungkapkan argumentasi penulisnya. Bahkan, fiksi juga menjadi alternatif mengungkap kata yang tidak mungkin di sampaikan melalui berita. Contohnya adalah tulisan Seno Gumira Adjidarma yang menulis cerpen “Maria dan Telinga” yang mengungkap fakta kekerasan pemerintahan Soeharto dalam konflik Timor-Timur.

* Tulisan Fiksi yang berisi berita tetap berbeda jika dibandingkan dengan Feature. Tulisan fiksi lebih kental unsur sastra-nya, dan pengolahan atau kemasan tulisannya lebih bebas (misal : banyak dialog, ada klimaks/ pertentangan tokoh,tokohnya bisa diubah sesuai kehendak penulis). Sementara feature tetap memiliki kaidah penulisan berita, dan bertujuan penuh pada informative.


Bagaimana memulai menulis?

§ Menulis adalah ketrampilan yang menuntut kelincahan penggunaan otak kiri dan kanan sekaligus. Otak kiri adalah kemampuan logika/rasional (perencanaan, tata bahasa, riset, pengolahan riset, dll). Otak kanan mengatur emosi dan menyangkut masalah keindahan (semangat, imajinasi, warna, gaya, dll)

§ Tahap menulis :

a. Tentukan tema/topik (bukan judul). Lebih baik tidak menuliskan judul sebelum menulis atau sebelum adanya kerangka karangan. Diantara puluhan kalimat/kerangka karangan itu terdapat kalimat yang menarik yang dapat dipakai sebagai judul.

b. Tentukan tujuan penulisan

c. Susunan kerangka/ outline

d. Kumpulkan bahan/ data-data

e. Kembangkan kerangka menjadi tulisan


  • Tulisan yang layak :

1. Harus berupa kalimat efektif, syaratnya :

a. Gagasan dan idenya fokus (struktur kalimat SPOK)

b. Berkesinambungan

c. Ada penekanan pada hal-hal tertentu

d. Variatif pola kalimatnya.

2. Aspek penguasaan bahasa :

a. Penguasaan kosa kata

b. Kalimat aktif

c. Gunakan gaya yang cocok dengan ide

d. Tingkat penalaran dan logika



Oval: “Get it first, but first Get it right” Jadilah yang pertama dalam mendapatkan berita. Tetapi yang lebih utama, berita itu harus benar !!!





______________________________

Artikel Pengertian dan ragam berita ini dipublish oleh Khoirul Anam Ahmad al-Hasyimie pada tanggal 12 January 2009. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda dan silahkan tinggalkan komentar.
 

2 komentar:

  1. hallo guys, tulisan ini adalah materi pelatihan jurnalistik yang diadakan FLP Surakarta pada pertengahan tahun 2003 ana agak lupa tepatnya. yah...kebetulah kemaren tanpa sengaja menemukan filenya, daripada dikonsumsi sendiri mending ana posting, tapi untuk bagan-bagan ana kurang tahu caranya biar bisa tetap kelihatan di web log, mohon maaf sebelumnya...

    ReplyDelete
  2. apikkkkkk............

    ReplyDelete


<< Top Entry >>

Popular Posts

Catatan Dahlan Iskan

Buku Sahabat

My Blog

Be my friend ...